Adsens

Minggu, 01 Januari 2017

Makalah Aplikasi Karbon

BAB I
PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang
Senyawa hidrokarbon merupakan senyawa karbon yang paling sederhana. Dari namanya, senyawa hidrokarbon adalah senyawa karbon yang hanya tersusun dari atom hidrogen dan atom karbon. Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita temui senyawa hidrokarbon, misalnya minyak tanah, bensin, gas alam, plastik dan lain-lain. Sampai saat ini telah dikenal lebih dari 2 juta senyawa hidrokarbon. Untuk mempermudah mempelajari senyawa hidrokarbon yang begitu banyak, para ahli mengolongkan hidrokarbon berdasarkan susunan atom-atom karbon dalam molekulnya. Berdasarkan susunan atom karbon dalam molekulnya, senyawa karbon terbagi dalam 2 golongan besar, yaitu senyawa alifatik dan senyawa siklik. Senyawa hidrokarbon alifatik adalah senyawa karbon yang rantai C nya terbuka dan rantai C itu memungkinkan bercabang. Berdasarkan jumlah ikatannya, senyawa hidrokarbon alifatik terbagi menjadi senyawa alifatik jenuh dan tidak jenuh.
- Senyawa alifatik jenuh adalah senyawa alifatik yang rantai C nya hanya berisi ikatan-ikatan tunggal saja. Golongan ini dinamakan alkana.
Contoh senyawa hidrokarbon alifatik jenuh:
·           Senyawa alifatik tak jenuh adalah senyawa alifatik yang rantai C nya terdapat ikatan rangkap dua atau rangkap tiga. Jika memiliki rangkap dua dinamakan alkena dan memiliki rangkap tiga dinamakan alkuna. Contoh senyawa hidrokarbon alifatik tak jenuh:
·           Senyawa hidrokarbon siklik adalah senyawa karbon yang rantai C nya melingkar dan lingkaran itu mungkin juga mengikat rantai samping. Golongan ini terbagi lagi menjadi senyawa alisiklik dan aromatik.
·           Senyawa alisiklik yaitu senyawa karbon alifatik yang membentuk rantai tertutup. Senyawa aromatik yaitu senyawa karbon yang terdiri dari 6 atom C yang membentuk  2rantai benzena.
B.        Rumusan masalah
1.        Apa yang dimaksud dengan senyawa hidrokarbon ?
2.        Apakah kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari ?

C.        Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah makalah ini bertujuan untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan senyawa hidrokarbon dan dapat juga mengetahui apa kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-sehari
















BAB II
PEMBAHASAN

A.        Kegunaan Hidrokarbon Dalam Kehidupan Sehari-hari
1. Sandang
Dari bahan hidrokarbon yang bisa dimanfaatkan untuk sandang adalah PTA (purified terephthalic acid) yang dibuat dari para-xylene dimana bahan dasarnya adalah kerosin (minyak tanah). Dari Kerosin ini semua bahannya dibentuk menjadi senyawa aromat, yaitu para-xylene. Rumus kimianya tau kan ? Bentuknya senyawa benzen (C6H6), tetapi ada dua gugus metil pada atom C1 dan C3 dari molekul benzen tersebut.
Para-xylene ini kemudian dioksidasi menggunakan udara menjadi PTA (lihat peta proses petrokimia diatas). Jadi dari PTA yang berbentuk seperti tepung detergen ini kemudian direaksikan dengan metanol menjadi serat poliester. Serat poli ester inilah yang menjadi benang sintetis yang bentuknya seperti benang. Hampir semua pakaian seragam yang adik-adik pakai mungkin terbuat dari poliester. Untuk memudahkan pengenalannya bisa dilihat dari harganya. Harga pakaian yang terbuat dari benang sintetis poliester biasanya relatif lebih murah dibandingkan pakaian yang terbuat dari bahan dasar katun, sutra atau serat alam lainnya.
Kehalusan bahan yang terbuat dari serat poliester dipengaruhi oleh zat penambah (aditif) dalam proses pembuatan benang (saat mereaksikan PTA dengan metanol). Salah satu produsen PTA di Indonesia adalah di Pertamina Unit Pengolahan III dengan jenis produk dan peruntukannya disini. Sebetulnya ada polimer lain yang juga dibunakan untuk pembuatan serat sintetis yang lebih halus atau lembut lagi. Misal serat untuk bahan isi pembalut wanita. Polimer tersebut terbuat dari polietilen.


2.      Papan
a.       Kayu
Rumah kita dibangun menggunakan kayu yang berasal dari pohon. Kayu tersusun atas berbagai molekul, seperti selulosa, lignin, tanin, dan resin. Selulosa merupakan penyusun utama kayu yang terdiri atas molekul-molekul  glukosa yang berikatan rapat. Lignin merupakanpembentuk struktur keras pada kayu. Strukturnya sangat kompleks dan besar meliputi penggabungan molekul protein dan gula. Tanin banyak terdapat pada kayu dan dapat digunakan untuk industri penyamaan kulit. Resin banyak ditemukan  tepada kayu tertentu dan jenisnya berbeda-beda. Misalnya balsam, terpentin, dan minyak. Minyak yang dihasilkan pohon pinus dapat digunakan sebagai desinfektan. Resin mudah diperoleh dari getah pohon dan beberapa jenis diantaranya mempunyai bau yang harum.
b.      Pipa plastik
Untuk mengalirkan kelebihan air, diperlukan saluran pembuangan yang efisien  dan kuat. Pipa plastik ini sekarang banyak digunakan dirumah-rumah untuk saluran air. Jenis yang digunakan yaitu, PVC (polivinilklorida) dan PE (polietena) keduanya dihasilkan sintesis di industri. Keduanya tahan terhadap panas dan tidak mudah  retak karena molekul penyusunnya menjalin dengan kuat. Rumus molekul PVC (C2H3Cl)n’ sedangkan PE adalah (C2H4)n’.

3.    Bidang perdagangan
a.       Kertas
Industri kertas merupakan salah satu industri yang memiliki peran penting dalam perekonomian di Indonesia. Indonesia merupakan negara penyedia bahan baku kertas. Karena Indonesia memiliki hutan yang luas. Pasokan kertas untuk dalam negeri telah mencukupi dan saat ini diupayakan ekspor kertas keluar negeri. Kertas merupakan lapisan tipis serat selulosa yang dihasilkan dari bahan baku kapas, linen atau kayu. Saat ini, sekitar 95%  kertas dibuat dari selulosa kayu. Kertas khusus dibuat dari serat sintetis seperti nilon, dakron dan, orlon atau campuran antara selulosa dan serat sintetis. Serat-serat ini baik yag alami maupun sintetis merupakan senyawa karbon.
b.      Batu bara dan gas alam
Produksi batu bara Indonesia pada tahun 2005 mencapai 150 juta ton. Sebagian besar dari produksi tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan ekspor ke negara lain. Sisanya digunakan untuk dalam negeri antara lain digunakan untuk pembangkit listrik, pabrik semen, dan industri pulp. Batu bara anyak mengandung hidrokarbon dan beberapa mineral, seperti pirit dan markasit. Briket batu bara adalah bahan bakar padat yang terbuat dari batu bara dengan sedikit campuran tanah liat dan tapioka. Kalori yang dihasilkan dari pembakaran briket sebesar 5400 kkal/kg, sedangkan minyak tanah 9000 kkal/L. Tetapi harga briket batu bara lebih murah daripada minyak tanah.
Indonesia memiliki cadangan gas alam sebesar 90,3 trilyun kaki kubik produksi gas alam pada tahun 2003 sebesar 72,6 milyar meter kubik, sedangkan yang diekspor sebesar 39,40 milyar meter kubik. Indonesia merupakan negara pengekspor gas alam nomor satu di dunia. Gas alam merupakan campuran gas yang mudah terbakar, yaitu 85% metana (CH4), 10% etana (C2H6) dan gas alkana-alkana lainnya dalam jumlah kecil. Pengotor yang terdapat dalam gas alam yaitu CO2, H2S, dan N2 mudah dipisahkan berdasarkan titik didihnya. Gas alam berasal dari plankton yang terkubur brjuta tahun yang lalu dan ditemukan bersama minyak bumi. Dalam perdagangan gas alam perlu dimurnikan dan dicairkan menjadi LNG supaya volumenya lebih kecil dan mudah diangkut. LNG digunakan pada industri pupuk dan tenaga listrik. Proses pembuatan LNG diawali dengan pemurnian gas alam dari komponen pengotor sehingga kandungan metana  dalam LNG lebih dari 90%. Kemudian, gas alam murni dicairkan pada suhu -163°C. LPG berbeda dengan LNG karena kandungan LPG sebesar 95% merupakan propana dan sedikit butana, LPG dihasilkan sebagai produk  pemurnian minyak bumi dan digunakan sebagai bahan bakar.


4.    Bidang seni dan estetika
a.       Cat minyak dan cat air
Seni lukis adalah salah satu cabang seni rupa yang berkaitan dengan warna. Warna dihasilkan dari berbagai senyawa yang  digoreskan pada suatu permukaan sehingga menciptakan gambaran abstrak atau benda. Cat minyak mengandung pigmen yang larut dalam minyak dan mudah engering di udara. Sedangkan cat air dihasilkan dari pigmen  yang dicampur dengan gum arab. Pigmen merupakan senyawa yang mampu memantulkan cahaya sehingga menghasilkan warna putih atau senyawa yang menyerap gelombang cahaya tertentu sehingga menghasilkan warna lainnya. Pigmen berbentuk bubuk halus, dapat berupa senyawaorganik ataupun anorganik. Contoh pigmen anorgnik yaitu, senyawa TiO2 untuk mengahasilkan warna putih. Pigmen organik dapat diperoleh secara alami maupun sintesis. Misalnya pewarna alizarin yang dihasilkan secara sintetis dari reaksi senyawa alizarina dengan Al2O3 ­dan memberi wana merah pada cat. Alizarin memiliki nama kimia 1,2-dihidroksi antraquinon (C14H8O4). Pewarna carmine (­C9H6F2O2) dihasilkan dari serangga Coccus cacti yang hidup di tanaman kaktus. Pewarna ini digunakan untuk cat air dan memberi warna merah. Untuk urusan seni, terutama seni lukis, peranan utama hidrokarbon ada pada tinta / cat minyak dan pelarutnya. Mungkin adik-adik mengenal thinner yang biasa digunakan untuk mengencerkan cat. Sementara untuk urusan seni patung banyak patung yang berbahan dasar dari plastik atau piala,Hidrokarbon yang digunakan untuk pelarut cat terbuat dari Low Aromatic White Spirit atau LAWS mmerupakan pelarut yang dihasilkan dari Kilang PERTAMINA di Plaju dengan rentang titik didih antara 145o C — 195o C. Senyawa hidrokarbon yang membentuk pelarut LAWS merupakan campuran dari parafin, sikloparafin,dan hidrokarbon aromatik.





b.      Estetika
Sebetulnya seni juga sudah mencakup estetika. Tapi mungkin lebih luas lagi dengan penambahan kosmetika. Jadi bahan hidrokarbon yang juga digunakan untuk estetika kosmetik adalah lilin. Misal lipstik, waxing (pencabutan bulu kaki menggunakan lilin) atau bahan pencampur kosmetik lainnya, farmasi atau semir sepatu. Tentunya lilin untuk keperluan kosmetik spesifikasinya ketat sekali. Lilin parafin di Indonesia diproduksi oleh Kilang PERTAMINA UP- V Balikpapan melalui proses filtering press. Kualifikasi mutu lilin PERTAMINA berdasarkan kualitas yang berhubungan dengan titik leleh, warna dan kandungan minyaknya.
5.    Dalam bidang pangan
            Karbohidrat atau sakarida adalah segolongan besar senyawa organik yang tersusun dari atom karbon, hidrogen, dan oksigen. Bentuk molekul karbohidrat paling sederhana terdiri dari satu molekul gula sederhana. Kalau atom karbon dinotasikan sebagai bola berwarna hitam, okeigen berwarna merah dan hidrogen berwarna putih maka bentuk molekul tiga dimensi dari glukosa akan seperti gambar disamping ini. Banyak karbohidrat yang merupakan polimer yang tersusun dari molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta bercabang-cabang.Karbohidrat merupakan bahan makanan penting dan sumber tenaga yang terdapat dalam tumbuhan dan daging hewan. Selain itu, karbohidrat juga menjadi komponen struktur penting pada makhluk hidup dalam bentuk serat (fiber), seperti selulosapektin, serta lignin. Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh. Tubuh menggunakan karbohidrat seperti layaknya mesin mobil menggunakan bensin. Glukosa, karbohidrat yang paling sederhana mengalir dalam aliran darah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa. Gula ini kemudian oleh sel dioksidasi (dibakar) dengan bantuan oksigen yang kita hirup menjadi energi dan gas CO2 dalam bentuk respirasi / pernafasan. Energi yang dihasilkan dan tidak digunakan akan disimpan dibawah jaringan kulit dalam bentuk lemak.Reaksi pembakaran gula dalam tubuh :
C6H12O6 (gula) + 6O2 (udara yang dihirup) —>Energi + 6CO2 (udara yang dikeluarkan) + 6H2O (keringat atau air seni).
Contoh-contoh pada penjelasan diatas yaitu :
1)      Monosakarida
Glukosa / gula anggur banyak terdapat dalam buah , jagung, dan madu. Fruktosa terdapat bersama dengan glukosa dan sukrosa dalam buah-buahan dan madu. Galaktosa, sumber dapat diperoleh dari laktosa yang dihidrolisis melalui pencernaan makanan kita.
2)      Disakarida
Maltosa (glukosa + glukosa), tidak dapat difermentasi bakteri kolon dengan mudah,
maka digunakan dalam makanan bayi, susu bubuk beragi (malted milk)
Laktosa (glukosa + galaktosa), terdapat dalam susu sapi dan 5-8% dalam susu ibu.
Sukrosa (glukosa + fruktosa), ialah gula pasir biasa. Bila dipanaskan akan membentuk gula invert berwarna coklat yang disebut karamel. Digunakan untuk pembuatan es krim, minuman ringan, dan permen.
a.       Nasi dan lauk pauk
Nasi berasal dari tanaman padi yang di ambil bijinya. Nasi terdiri atas karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Karbohidrat merupakan senyawa karbon yang terdiri atas molekul gula (sakarida). Contoh karbohidrat yaitu pati yang memiliki rumus umum (C6H12H6)n. Protein juga termasuk senyawa karbon yang tersusun atas atom karbon, nitrogen, oksigen dan sulfur. Sebanyak 90% kalori yang diperoleh nasi dihasilkan dari karbohidrat dan sisanya dari protein.
Daging adalah bagian tubuh hewan yang dpat dimakan. Otot hewan tersusun atas protein-protein yang saling membentuk serat, yaitu protein miosin dan aktin. Dalam daging juga ditemukan lemak, vitamin, dan mineral. Lemak merupakan senyawa karbon dengan rantai yang panjang, mirip dengan minyak.
Sayuran berasal dari tumbuhan biasanya diambil dari bagian daunnya dan batangnya. Sayur tidak punya lemak tetapi beberapa tumbuhan menghasilkan minyak, misal kelapa sawit menghasilkan minyak kelapa. Serat pada tumbuhan terutama tersusun dari selulosa dengan rumus molekul(C6H­10O5).
Buah merupakan mpat tumbuhan menyimpan cadangan makanan. Kulit buah tertentu seperti jeruk, apel dan anggur, menandung pektin yang termasuk golongan karbohidrat. Kandungan utama buah antara lain karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Gula sukrosa dan fruktosa dapat ditemukan dalam buah.
b.      Susu dan olahannya
Susu dihasilkan dari kelenjar susu pada hewan mamalia dan manusia. Sebagian besar kandungannya adalah air, selain itu terdapat gula laktosa, kasein, lemak, vitamin dan mineral. Pada ASI setelah melahirkan ditemukan kolostrum yang terdiri atas karbohidrat, protein dan antibodi. Antibodi pada kolostrum termasuk protein. Kasein susu juga termasuk protein. Fungsinya untuk melarutkan lemak dalan air.
Susu dapat dilah menjadi berbagai makanan, contohnya mentega, yoghurt, dan keju. Mentega adalah pemadtanlemak dari susu. Kandungan mentega sekitar 80% berupa lemak dan sisanya air. Yoghurt adalah hasil fermentasi susu menggunakan bakteri tertentu. Yoghurt mengandung asam laktat (C3H6O3) yang diperoleh dari fermentasi laktosa. Produk olahan yang lain yaitu keju, keju dihasilkan ari pemadatan protein susu. Yang biasanya dibentuk dengan  menambahkanenzim renin. Kandungan keju mirip dengan susu, yaitu protein, vitamin dan mineral, tetapi denan sedikit lemak.









BAB III
PENUTUP

A.                Kesimpulan
            Senyawa Hidrokarbon merupakan senyawa yang tersusun atas unsur hidrogen dan karbon. Sumber utama hidrokarbon di dunia adalah minyak bumi dan gas alam. Industri petrokimia membuat bahan-bahan atau produk dari minyak bumi dan gas bumi antara lain plastik, serat sintetis, pelarut, pestisida, dan lain-lain. Yang tentunya dapat di jadikan suatu komoditi dalam perdagangan yang tentunya harus menjalani tes uji agar tidak membahayakan bagi di pengguna atau pemakainya. Minyak bumi merupakan senyawa hidrokarbon yang menjadi komoditi perdagangan yang sangat penting bagi dunia karena minyak bumi merupakan salah satu sumber energi yang paling utama saat ini. Negara-negara di dunia penghasil minyak bumi membentuk organisasi antarnegara penghasil minyak bumi yang diberi nama OPEC (Organization of Petrolleum Exporting Country).
Hasil penyulingan minyak bumi banyak menghasilkan senyawa-senyawa hidrokarbon yang sangat penting bagi kehidupan manusia, seperti bensin, petroleum eter (minyak tanah), gas elpiji, minyak pelumas, lilin, dan aspal.
Kritik dan saran
Tanpa Minyak dan gas Suatu Industri tak akan berjalan,karena minyak dan gas adalah behan bakar penggerak mesin-mesin industri itu sendiri guna memproduksi barang baik itu buat konsumsi atau dipakai untuk keperluan manusia.

B.                 Saran
Disamping itu guma pengiriman barang sampai ketempat yang di tuju tentunya perlu menggunakan sarana transportasi jelas kendaraan juga memerlukan bahan bakar.

DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar